Pelatihan Pembelajaran APIK diBSM

KESERUAN PELATIHAN PEMBELAJARAN APIK DI BINA SATRIA MULIA

Pemateri Pembelajaran APIK di Bina Satria Mulia

Tahun ajaran baru akan segera dimulai, maka  Yayasan sekolah Bina Satria Mulia dan kepala Sekolah  mengadakan WorkShop  bagi guru-gurunya untuk dapat meningkatkan kreatifitas  serta metode-metode pembelajaran untuk anak didiknya.adapun tema dari Workshop ini adalah Methodologi Pembelajaran APIK bagi guru-guru Bina Satria Mulia, yang diadakan mulai hari jumat 14 juli 2017 sampai dengan 15 juli 2017.
Workshop ini adalah Workshop yang kedua yang telah diadakan oleh sekolah kami.
DiWorkshop ini kami dilatih bagaimana cara mengajar dengan metode-metode pembelajaran kreatif, inovatif dan pastinya menyenangkan agar siswa dalam proses pembelajaran dapat aktif,  tidak jenuh dan bosan.
kami di bimbing oleh pemateri yang berpengalaman yaitu bapak M. arifin , M.Pd dan Ibu Rini Ekayati , SS, MA yang keduanya adalah dosen di Universitas Muhammadyah Sumatera Utara.
hari pertama kami diberi pelatihan menjadi guru yang kreatif dengan mempraktekkan secara langsung, dimana teman-teman sesama guru yang menjadi guru dan muridnya.

Pada sesi pertama yang menjadi guru adalah teman saya Lli Fatmawati, dan yang menjadi Murid adalah saya dan teman-teman berjumlah 4 orang.kami mempraktekkan metode pembelajaran Fish bowl .Dimana langkah -langkah pembelajaran ini adalah,didepan kelas disusun 5 kursi berbentuk lingkaran, 4 kursi diduduki oleh anggota kelompok dan 1 kursi lagi kosong,, kemudian guru hanya menjelaskan judul dari materi yaitu Zat Adiktif, kemudian siswa dituntut untuk berbicara mengenai wawasannya  mengenai Zat Adiktif tersebut, jika ada siswa yang akan memberikan pendapat , maka ia harus masuk dan duduk dikursi kosong, baru boleh memberikan pendapatnya, setelah selesai maka ia akan kembali ketempat duduknya yang semula, begitu seterusnya , sampai dengan guru menutup materi tersebut.Sehingga pada saat berbicara siswa menjadi aktif dan kreatif dalam mengungkapkan wawasannya. seluruh siswa dituntut untuk dapat berbicara meskipun sedikit. pelatihan tersebut sangat menyenangkan masing-masing guru berlomba-lomba untuk dapat memberikan pendapatnya. apalagi pada saat didepan kita seakan-akan adalah seorang murid dengan berbicara yang apa adanya.

Pembelajaran APIK Metode FishBowl di Bina SAtria Mulia

Dihari kedua kami dilatih untuk membuat blogger sendiri, gunanya adalah supaya guru-guru dapat kreatif dalam menjelaskan pelajarannya, ataupun agar tetap eksis dan memberikan pengalaman mengajar untuk orang lain, serta dapat menambah wawasan bagi diri sendiri.

Proses Pembuatan Blog Guru Bina Satria Mulia





Senyum bahagia setelah selesai membuat blog di Bina Satria Mulia
Saya  sangat berterima kasih kepada bapak ketua yayasan  bapak Zulaspan Tupti, SE, M.Si, serta ibu kepala sekolah Ibu  Ramena Junimarni Pasaribu, SE. yang telah mengadakan Workshop ini , Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam pembelajaran dikelas .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Model Discovery Learning di SMP Bina Satria Mulia